Dinas Pariwisata Latih Staf Pengelola Hotel

Mulyadi_ganie , 12 September 2017

Untuk menunjang pengembangan pariwisata Pemerintah Kabupaten Bulukumba melalui Dinas Pariwisata melaksanakan Pelatihan Operasional Perhotelan dan Penginapan Berbasis Kompetensi dan Sertifikasi Kompetensi.

Acara yang berlangsung tanggal 12 sampai 14 September 2017 di Hotel Agri Bulukumba ini dibuka oleh Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Djunaidi Abdillah yang mewakili Bupati Bulukumba.

Dalam sambutannya, ia mengungkapkan pentingnya pelatihan dan sertifikasi ini oleh karena saat ini hampir di semua sektor memerlukan SDM yang berkualitas yang ditunjukkan salah satunya dengan adanya sertifikasi kompetensi.

“Pemkab Bulukumba sangat konsen dengan pengembangan SDM Pariwisata di daerah ini. Terbukti dengan kegiatan seperti ini agar kedepannya kita bisa betul-betul bisa menjadi tuan rumah di daerah sendiri dengan profesionalisme di bidang kepariwisataan,” ungkapnya .

Sementaraitu, Kepala Dinas Pariwisata Muh Ali Saleng mengatakan pentingnya sertifikasi bagi pelaku usaha pariwisata. Ali Saleng mencontohkan, pernah satu waktu wartawan City Link yang ingin meliput keindahan bawah laut di Pulau Kambing, urung melakukan liputan bawah laut karena “diver” pendamping yang disiapkan oleh Dinas Pariwisata waktu itu ternyata tidak satu pun yang memiliki sertifikat. Sehingga Ali Saleng mengharapkan para peserta bisa maksimal menggali ilmu dalam pelatihan ini agar didapatkan profesional-profesional muda bidang pariwisata di Bulukumba.

Kegiatan Pelatihan Operasional Perhotelan ini terlaksana atas kerjasama dengan Politeknik Pariwisata Makassar. Peserta berjumlah 30 orang berasal dari karyawan hotel dan penginapan di sekitar yang terdiri dari karyawan Room Attendant, Food and Beverage serta Front Office.

Pembantu Direktur I Poltekpar Makassar, Muh Arifin mengungkapkan pelatihan tersebut merupakan implementasi dari MoU yang telah ditandatangani Dinas Pariwisata dan Poltekpar Makassar beberapa waktu yang lalu untuk meningkatkan profesionalisme SDM Pariwisata di daerah ini.

"Untuk menjaga obyektifitas penilaian sertifikasi kompetensi ini, kami juga menggandeng Badan Nasional Sertifikasi Profesi," ujar Muh Arifin.(A3)

Artikel Lainnya :

Bupati Jamu Tim Surveyor KARS. Tim Bekerja Selama 4 Hari

Tim Surveyor Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS) Jakarta kembali mengunjungi Bulukumba. Setibanya di Bulukumba, Tim KARS yang berjumlah 4 orang tersebut dijamu makan malam di rumah jabatan Bupati Bulukumba, Minggu (24/9). Kedatangan mereka untuk...

Sirnas Digelar, Dinas Pariwisata dan Masyarakat Juga Ikut Berbenah

Jelang pelaksanaan Sirkuit Nasional Voli Pantai Open Seri II yang dibuka pada 27 September mendatang, Dinas Pariwisata juga ikut membenahi Pantai Bira yang dijadikan lokasi pelaksanaan event olahraga skala nasional tersebut. Puluhan lapak penjual...

Sirnas Voli Pantai Digelar di Tanjung Bira, Akan Dibuka oleh Kapolda

Sirkuit Nasional Cabang Olahraga Voli Pantai Open Seri II yang akan digelar 27 sampai dengan 30 September 2017 di kawasan wisata Tanjung Bira sisa menghitung hari. Panitia pelaksana juga sudah sibuk mempersiapkan pelaksanaannya, mulai dari pembuatan...

Semarak Tahun Baru Hijriah 1439 Hijriah

Dalam rangka memeriahkan tahun baru 1 Muharram 1439 hijriah, Pemkab Bulukumba bersama Panitia Hari Besar Islam (PHBI), serta Tim Penggerak PKK Kab. Bulukumba menggelar Jalan Santai Hijratul Rasul, Games Sembilan Nilai (Semai) dan Kuis Rangking 1,...